Jadwal Shalat

Selasa, 21 Februari 2012

Rasulullah Sebagai Teladan Yang Mulia Bagi seorang Guru

Marilah Kita bercermin kepada sosok agung dan mulia, Rasulullah saw. Beliau adalah figur yang paling sukses dalam mendidik Manusia. Bukan Hanya berhasil mengubah manusia dari tidak tahu menjadi tahu, namun beliau bahkan membuat manusia keluar dari masa kegelapan menuju peradaban yang cermerlang. Rasulullah melandasi setiap gerak langkahnya dengan " cinta". Keberhasilan Rasullullah dalam memengaruhi umat manusia ini diakui oleh semua orang, baik orang islam maupun non Islam. Pesona cinta yang ditebarkan Rasulullah saw dalam dakwanya mampu membuat suku demi suku bangsa demi bangsa berbondong-bondong memeluk agama Islam.
Cinta adalah sikap batin yang akan melahirkan kelembutan, kesabaran, kelapangan, kreativitas, serta tawakal. inilah yang dicontohkan oleh Rasulullah.
Karakter dunia dakwa dan pendidikan adalah sama, keduanya bertujuan untuk mempengaruhi, membimbing, dan mengarahkan umat manusia. Dengan demikian sangatlah tepat apabila seorang guru menjadikan Rasulullah teladan dakwa dan pendidikan. Seluruh ilmu dan kebajikan yang beliau sampaikan adalah "pelajaran", tahapan-tahapan dakwa yang beliau sampaikan adalah " kurikulum", cara penyampaian  ajaran beliau adalah "metode pembelajaran". Dengan demikian para pendidik muslim wajib menggali pola dan metode yang telah beliau jalankan. (Disadur dari Buku Spiritual Teaching).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar